Minuman Penghilang Rasa Pedas

hmmm…mungkin anda sering merasakan pedas, atau mungkin setiap hari anda memakan makanan pedas. terkadang ada beberapa orang yang bertanya dimana letak perasa pedas itu? jawabannya ini dia :

pedas itu tidak termasuk rasa….. menurut para ahli, rasa itu hanya ada 4 macam, yaitu manis, asin, asam, dan pahit… sedang pedas itu hanya sensasi rasa akibat ”iritasi” aja…. yg diakibatkan oleh zat yg disebut CAPSAICIN ….

Jadi..sensasi pedas (shh..hah..shh…hahhh..) itu disebabkan oleh zat kimia alami yang dihasilkan oleh tanaman cabe-cabean (genus Capsicum)..sesuai dengan tanaman yang menghasilkannya, zat kimia ini dinamakan CAPSAICIN…nah..apa si yang dilakukan capsaicin terhadap kita?
ketika kita makan cabe..(apapun itu..)..capsaicin yang terdapat di serat putih tempat menempelnya biji..akan berreaksi dengan reseptor pd saraf sensorik yang ada di lidah..reseptor yang cocok dengan zat capsaicin ini ternyata reseptor khusus panas tinggi atau abrasi fisik sel..si saraf sensorik ini nyampein ke otak nya juga sebagai ‘panas tinggi’ (excessive heat) atau abrasi fisik sel, yang membuat otak meresponsnya sebagai ‘burning sensation’…yaitu sensasi dimana sel telah terbakar atau sel mengalami abrasi (iritasi)..padahal sebenernya enggak.

tp kalo orang yang udah biasa bangett makan pedes..respons otak udah beda lagi…keseringan kali yaa..jd bosen dehh..truss intensitas pedes setiap spesies Capsicum itu beda-beda lho…ngerasa kan ada cabe yang pedeeeesssss bangett kaya cabe keriting, cabe rawit..ada juga yang biasa2 aja (cabe ijo,cabe merah besar…)…yah itu semua bergantung pada berapa banyak zat kimia capsaicin yang dihasilkan oleh masing2 spesies..tegantung pd gen-nya

…selain sensasi nya…capsaicin juga merangsang nafsu makan lho… Capsaisin juga memiliki efek candu dan akibatnya orang bisa ketagihan memakan cabai. Namun sifat candu disini bukan seperti marijuana atau morfin tetapi bersifat Stomakik yang artinya meningkatkan nafsu makan…. ngerasa gak kalo makan cabe pengen nambah2 teruss…kenapa bisa gitu?jadi..makanan kan pasti melewati mulut-kerongkongan trus lambung..nah..antara kerongkongan dan lambung itu ada katup yg fungsinya sebagai palang..jd dia menyilahkan masuk makanan atau melarang makanan masuk..tergantung kondisi lambung..penuh atau tdk..jadi..si capsaicin ini merangsang katup tersebut untuk terus membuka..mempersilahkan makanan masuk teruss..tidak menyetop makanan..jadilah..sang otak menerima rangsangan kalo lambung masih cukup..jd silahkan makanan..teruslah masuk…padahal mungkin lambung udah penuh…

CARA MENGHILANGKAN RASA PEDAS :

Minum air dingin atau air hangat sebenarnya sama saja, rasa pedasnya itu gak hilang. Yang terjadi hanya pengaruh air hangat yang memperbesar pori-pori lidah kita sehingga seolah lidah kita mati rasa.

Seperti penjelasan yg panjang, lebar, kali tinggi diatas, rasa pedas disebabkan oleh zat yg namanya CAPSAICIN. Capsaicin adalah zat nonpolar, tidak bisa dicampur/larut dalam air, persis seperti minyak. Jadi jika terasa pedas tidak akan sembuh dengan meminum air, bahkan dengan air kapsaisin bisa merata di dalam rongga mulut.

Cara terbaik menghilangkan pedas adalah dengan lemak atau minyak. Kedua zat itu melarutkan kapsaisin sehingga mudah lenyap dari dalam mulut. Jadi kalo kepedasan, silahkan kumur2 dengan minyak … contoh makan berlemak sbb

Cara lain yg paling manjur untuk menghilangkan rasa pedas adalah dengan meminum susu

change by : _dhara_

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

RSS PTD SMPN 103 ( Pak Lutfi )

  • Membuat Instaler Windows menggunakan Rufus November 7, 2017
    Penggunaan bootable USB flash drive (flashdisk, memory stick dan yang lainnya) akan sangat bermanfaat bagi seorang teknisi komputer atau pemilik komputer, terutama netbook atau notebook yang tidak memiliki CD/DVD drive. Selain lebih cepat dalam proses instalasi dibandingkan menggunakan media CD/DVD, menggunakan USB mempermudah kita untuk update BIOS, recover […]
    Moh "LUPUS" Lutfi
  • Inverter untuk mobil dari UPS bekas November 7, 2017
    Jika anda memiliki mobil dengan fasilitas multimedia dan membutuhkan sumber daya listrik AC dan bertegangan 220 Volt tentunya anda membutuhkan sebuah alat berupa sebuah inverter untuk menyalakan barang baik televisi, atau bahkan hanya sebuah charger untuk telpon genggam. tentu saja hal tersebut sangatlah mudah bagi anda yang memiliki uang lebih dan tidak ber […]
    Moh "LUPUS" Lutfi
  • Tutorial Lengkap Cara Aktivasi Windows 10 Permanen November 1, 2017
    Windows 10 saat ini semakin banyak diminati. Jumlah pengguna dan pangsa pasar Windows 10 juga semakin besar. Tidak heran jika sekarang ini sudah sangat banyak beragam promo penjualan Windows 10 baik di toko ritel fisik maupun di toko online. Beruntung untuk kamu yang beli PC atau laptop baru yang sudah memiliki Windows 10, kamu sudah […]
    Moh "LUPUS" Lutfi

RSS Widget GRATIS for Wordpress

  • [wiDget] Circle Bean September 20, 2011
    the others version widget of Mr. Bean..see here for the otherhttp://www.blogger.com/img/blank.gifhere it is the animation: You can place this widget on BLOGSPOT, BLOGDETIK, and CYBERMQ by using this code: or you can use it on your blog in WORDPRESS, MULTIPLY:just click this link to get the codedefault dimension:width: 300Height: 300Please change the width an […]
    noreply@blogger.com (oRiD™)
  • [wiDget] Walking Scooby-doo September 20, 2011
    Now, you can set that Scooby-Doo is walking on your web/blog..:Dhere is the animation: You can place this widget on BLOGSPOT, BLOGDETIK, and CYBERMQ by using this code: or you can use it on your blog in WORDPRESS, MULTIPLY:just click this link to get the codedefault dimension:width: 360Height: 300Please change the width and height appropriate to your web/blo […]
    noreply@blogger.com (oRiD™)
  • [wiDget] Hot News Here September 14, 2011
    this character I got from Spongebob,for your web/blog which always giving some Hot News..;-)here is the animation: You can place this widget on BLOGSPOT, BLOGDETIK, and CYBERMQ by using this code: or you can use it on your blog in WORDPRESS, MULTIPLY:just click this link to get the codedefault dimension:width: 400Height: 300Please change the width and height […]
    noreply@blogger.com (oRiD™)

RSS Uniknya

%d blogger menyukai ini: